Minggu, 24 Mei 2009

Alfred Wagner


Alfred Wagner dikenal sebagai ilmuwan yang meneliti pergerakan bumi. Ia dilahirkan di Jerman pada tahun 1880. Sejak kecil ia menaruh minat pada masalah cuaca. Itulah sebabnya ia memutuskan untuk belajar metereologi sebelum melakukan penelitiannya. Wagner menjadi asisten kakaknya, Kurt yang mengadakan penelitian mengenai langit disebuah lembaga penelitian.

Beberapa waktu kemudian, Wagner dan Kurt melakukan penerbangan dengan balon udara selama 52 jam terus menerus. Wagner meneliti keadaan suhu udara pada ketinggian 1800 m di atas permukaan tanah. Wagner lah manusia pertama yang melakukan penelitian di daerah kutub selama setahun .

Tahun 1906, Wagner mengkuti perjalanan ke Greenland. Menurut Wagner, selama ratusan tahun Greenland bergerak sedikit demi sedikit ke arah barat. Sekalipun pendapatnya tidak benar, tapi itu adalah awal penelitian Wagner selanjutnya.

Perjalanan di daerah kutub dilakukannya dengan bantuan kereta yang ditarik anjing-anjing. Wagner masuk ke pedalaman Greenland. Kemudian ia juga meneliti tumbuhan, hewan dan keadaan batuan di daerah yang berbatasan dengan kutub.

Pada umur 50 tahun, ketika ia melakukan ekspedisinya yang keempat, ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan Wagner meninggal dunia.

Selama ratusan juta tahun, daratan di bumi mengalami pergeseran sehingga berubah bentuknya. Pada mulanya hanya ada satu benua. Pada jaman Wagner, masyarakat masih belum mengetahui mengenai pergeseran ini sehingga pendapat yang dilontarkan Wagner tidak dipercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar